Pages

Rabu, 04 April 2012

Organisasi yang peduliu akan Pangan sehat dan Hidup Sehat...


All About Healthy Food Healthy Living
Healthy Food Healthy Living (HFHL) adalah kampanye anak muda yang terlahir dari program VECO Indonesia untuk mempopulerkan makanan sehat untuk hidup sehat.  VECO Indonesia merupakan singkatan dari Vredeseilanden Country Office Indonesia dan merupakan dari Vredeseilanden yang berpusat di Belgia. VECO Indonesia adalah sebuah LSM yang bergerak di bidang pertanian berkelanjutan dan memiliki sebuah program penyadaran konsumen. Dari program tersebut lahirlah kampanye untuk kaum muda bernama Healthy Food Healthy Living.
l
Sebagai awal dari HFHL, VECO Indonesia memilih 12 kaum muda dari Bali dan Solo sebagai Duta Pangan Sehat VECO Indonesia. Ke-12 kaum muda ini dikirim ke Belgia untuk mempresentasikan program ini kepada kaum muda di sana. Bersama dengan salah satu organisasi kaum muda di Belgia bernama Zuiddag (South Day Foundation) para Duta mempresentasikan kondisi dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang masih kurang sehat. Ke-12 kaum muda ini adalah Norma, Esta, Kania, Pradnya, Bunga, Putri, Ester, Luluk, Kristian, Adefrid, Betha, dan Nindha. Selain dikirim ke Belgia, para kaum muda ini diharapkan menjadi pionir kampanye HFHL di Bali dan Solo selama 3 tahun (2011-2013).




 Healthy Food Healthy Living memiliki 2 project area yaitu Bali dan Solo Raya. HFHL Solo Raya memiliki sebuah tim inti yang terdiri dari 10 kaum muda dari perguruan tinggi dan SMA. Mereka adalah Betha, Nindha, Adefrid, Kristian, Malik, Wulan, Ana, Roni, Cindy, dan Diah. akan tetapi sekarang jumlah dari HFHL bertambah hingga menjadi 23 orang, meraka berasal dari UNISRI, UNS, IAIN Surakarta, UTP dan STAIMUS Surakarta, SMA Santo Yosef dan SMA Ursullin.

bahwa HFHL mempunyai 3 proyek utama dalam mengkampanyekan pangan sehat dan hidup sehat
Kegiatan yang pernah dilakukan :
1.      Best practise comunicatioan
·         Siaran radio di solo radio,
·         Menulis artikel terkait isu hfhl di media masa

2.      Study and learning center
·         Launcing kios organik
Selain sebagai kios organik juga sebagai pusat study and learning center bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Wirausaha di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan dari mahasiswa, organisasi mahasiswa BEM, MPM, UKM, civitas universitas slamet riyadi, mitra veco (Jaker PO, LSKBB,KSR), intansi pemerintah (dinas kesehatan, dinas pendidikan pemuda dan olahreaga, kantor ketahanan pangan). Harapanya kios ini mampu menjadi pusat pembelajaran tentang healthy food healthy living.
·         Healthy clinic
Acara ini diadakan setiap bulan pada minggu pertama. HFHL solo raya bekerja sama dengan carefour solo baru, dimana kita sebagai konsultan pangan sehat bagi pengunjung.
·         Weekend clas
Setiap weekend dari HFHL tour ke sekolah, perguruan tinggi, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, kegiatan ini berisi tentang sosialisasi dan edukasi terkait healthy food and healthy living. Beberapa yang telah kita kunjungi UNISRI Surakarta, UNS Surakarta, pondok pesantren, sekolah marsudirini
·         One day be a farmers
Kegiatan ini dalakukan di desa catur, kecamatan sambi boyolali. Kita sehari menjadi jadi petani, dimana menanam bibit padi atau dalam bahasa jawa disebut tandur pari.
3.      Youth movement
·         Grebeg pangan sehat
Dalam grebeg pangan sehat ini diikuti dari berbagai elemen, lsm, organisasi kepemudaan (karang taruna), perguruan tinggi se Solo, SMA Se Solo,  intansi pemerintahan se solo raya.  Acara ini juga dihadiri dan dibuka oleh Walikota Surakarta dengan pemotongan tumpeng sbagi simbol kesehatan dan kemakmuran. Ribuan warga solo Raya yang memeriahkan acara ini, acara ditutup dengan pembagian arak-arakan hasil bumi, yang kesemuanya adalah makanan organik.
·         Audiensi dengan ibu walikota
Dalam audiensi ini temen-temen youth ambasador solo mempresentasikan didepan ibu walikota solo beserta jajaranya. Mereka sangat bangga dari apa yang telah Tim  HFHL  lakukan.

Kegiatan yang akan dilakukan HFHL ditahun 2012
1.      Pada bulan juli akan ada peringatan terhadap hari anak sedunia, acara ini akan diselenggarakan dengan melibatkan anak-anak se solo raya, harapan dari acara ini adalah bertambahnya pengetahuan terhadap pangan sehat dan hidup sehat khususnya pada anak. sehingga terjadinya perubahan mindset betapa ppentingnya prinsip hidup sehat dan makan sehat.
2.      Field Trips
Kegiatan ini bertujuan agar anggota HFHL  mengetahui dan memahami tentang pertanian organik. Rencana  acara ini di lakukan di Sawit, Boyolali.

Untuk yang lain masih sama pada tahun 2011.




0 komentar:

Posting Komentar