Pages

Selasa, 27 November 2012

Dari Bekatul "limbah padi", bisa diolah menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan


Berawal dari Kreasi Kuliner dari bekatul, Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta mendapatkan Penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  dan Bank CIMB Niaga dalam program Beasiswa BUTIK (Beasiswa Unggulan Teknologi Industri  Kreatif) tahun 2012.
Tanggal 12 November 2012 kemarin, Rani Pajrin mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi ini mendapatkan Penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta dari Bank CIMB Niaga di Gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta.  Beasiswa BUTIK ini bertujuan untuk  menciptakan pelaku usaha yang mampu meng-encourage dunia bisnis untuk melahirkan lebih banyak creative social  entrepreneurship muda sebagai lokomotif perubahan kearah bisnis dan kemandirian yang kooperatif seimbang antara konsep keuntungan dan kesejahteraan. Serta Mahasiswa sebagai angkatan muda diharapkan ketika menjadi anggota masyarakat yang produktif  mampu mengatasi berbagai masalah sosial yang ada dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitarnya. Jumlah mahasiswa yang mendapatkan penghargaan Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif ini sebanyak 15 Mahasiswa dari PTN dan PTS Se-Indonesia dengan total beasiswa sebanyak Rp. 540.000.000,00.
Perjuangan “Rani” tidaklah mudah karena sebelumnya sejak bulan september sudah ada seleksi secara ketat dari seleksi administrasi serta ada pihak bank yang melakukan survei tentang kelayakan usaha yang tengah di jalani yaitu  produksi kue dari bekatul. Puncaknya  pada tanggal 16 sampai 17 Oktober 2012, Rani harus mempresentasikan bisnisnya di hadapan 7 juri dimana terdiri dari Akademisi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, CIMB Niaga serta dari unsur Tim independent. Selain mempresentasikan Bisnis yang dijalani juga diskusi panel dengan peserta yang lain sehingga kreatifitas dari bisnis masing-masing peserta dapat terlihat disini karena selain beragumen dengan juri juga saling beradu argumen dari masing-masing peserta.
Menurut “Rani” Bekatul merupakan hasil limbah dari penggilingan padi. Dimana selain menghasilkan   beras juga menghasilkan  sekam, dedak dan bekatul. Bekatul  biasanya hanya digunakan sebgai pakan ternak dan bahkan dibuang.  Ditangan Rani Pajrin,  Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta,  diolah  menjadi makanan yang mempunyai manfaat  bagi  tubuh karena banyak mengadung serat yaitu aneka olahan Kue Kering dari Bekatul. 

0 komentar:

Posting Komentar